Monday 12 February 2018

Spesifikasi computer yang perlu anda tahu untuk Game

Spesifikasi computer yang perlu anda tahu untuk Game










Diantara pilihan perangkat bermain game yang semakin bervariasi, PC masih menjadi favorit banyak orang. Meski tidak mobile seperti laptop, namun PC memiliki performa terbaik untuk membuat sebuah game dapat dimainkan dengan asyik. Tidak hanya maksimal untuk bermain game, namun PC juga unggul dengan kemampuan multifungsinya. Anda dapat melakukan banyak pekerjaan dengan PC dari mulai urusan pekerjaan kantor hingga menikmati hiburan.

Terkadang Untuk yang awam dengan ilmu komputer dan ingin membeli komputer Game tentu banyak pemikiran dan pertanyaan sekitar :

  1. Cara melihat spak laptop untuk Game
  2. Cara mengecek spasifikasi laptop untuk game
  3. Cara mengetahui game tersebut bisa dimainkan di PC kita atau tidak
  4. Cek kemampuan PC untuk game
  5. Cara test game PC
  6. Cara melihat spesifikasi game
  7. Cara memilih perangkat PC untuk Gaming
  8. Komputer cocok untuk Game
  9. Cara mengetahui spek PC bisa memainkan game nggak.
  10. Karenanya Artikel ini saya buat untuk anda.
  11. Supaya harga tidak terlalu tinggi maka di pilihlah poin penting dalam menentukan Spesifikasi terendah untuk computer game , tentu dengan harga yang terjangkau budget kita. 
Processor
Prosesor minimal 2.5 MHz Intel Dual Core atau AMD Athlon/Phenom X2 unlock to X3. Lebih tinggi sangat di anjurkan demi kenyamanan bermain game.

Motherboard
Untuk mewakili Motherboard ekonomis, saya anjurkan untuk menggunakan ECS motherboard. Harga yang terjangkau dan performanya yang selama ini cukup konsisten membuat saya memilihnya sebagai acuan dalam postingan ini.AMD Llano ECS A75F-M2 adalah board paling murah yang bisa diperoleh saat ini. Sementara untuk platform AMD AM3, saya memilih ECS A880LM-M (chipset AMD760). Di sisi Intel, saya anjurkan untuk menggunakan chipset H61 (ECS H61H2-M2) yang harganya sangat terjangkau.

RAM
Untuk RAM sebaiknya gunakan RAM 2 GB DDR3. Ukuran 2 GB memang tergolong pas-pasan. Akan tetapi, ini adalah kapasitas yang kerap digunakan dan masih mencukupi untuk menjalankan beragam game 3D terkini.

HardDisk
Kapasitas 500 GB memang tidak bisa dianggap besar. Akan tetapi, mengingat keterbatasan dana yang tersedia, lebih baik untuk menggunakannya. Kapasitas 500 GB sudah cukup besar untuk instalasi beberapa game terkini. Pastikan saja bahwa Anda memilih jenis hard disk yang mengutamakan performa, bukan konsumsi daya, karena hard disk yang cenderung mengutamakan konsumsi daya rendah akan memberikan performa rendah (loading game menjadi lambat).

VGA card
Untuk sistem tanpa VGA terintegrasi, saya menggunakan acuan NVIDIA GeForce GT430. Beragam fitur khas NVIDIA bisa dimanfaatkan dari VGA ini. Dukungan driver yang baik pun menjadi keunggulan tersendiri. Harganya yang berkisar Rp600.000 membuatnya pas untuk sistem ini. Tentu saja, untuk alternatif, Anda bisa juga menggunakan pilihan lain seperti AMD Radeon 5570 yang memiliki performa serupa dengan NVIDIA GeForce GT430.

Heatsink / Cooler
Ini juga sangat penting, bermain game dengan mengetik pastinya sangat berbeda. Saat bermain game prosesor akan panas sekali bahkan bisa over. Untuk mengatasi masalah tersebut maka anda harus menggunakan pendingin modif, jangan menggunakan pendingin bawaan terutama bagi prosesor AMD.

Kesimpulan 

Dari penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa komputer yang masih menggunakan prosesor dual core tanpa teknologi HT, RAM 2gb, dan kartu grafis berbasis directx 10 sudah tidak layak lagi memainkan game terkini?

Tetapi bukan berarti kita tidak bisa menikmati game-game terbaru dengan spesifikasi komputer tersebut, beberapa game masih bisa dijalankan dengan baik, seperti Need For Speed Most Wanted 2, Pro Evolution Soccer 2015 dan game-game yang tidak menuntut spesifikasi tinggi.
Untuk Game terkini minimal spesifikasi bisa anda gunakan :

·                     Intel Core i3 540 3.0ghz / AMD Athlon II X4 3.0Ghz
·                     RAM 6GB
·                     VGA Nvidia GT 430 2GB DDR3 / AMD Radeon HD 5570 1GB DDR3 
·                     Hardisk 500GB










Tips Membeli PC Gaming Berkualitas

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis PC gaming murah yang ada dipasaran, saatnya menentukan yang terbaik untuk Anda. Tentunya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui kebutuhan Anda. Level permainan sangat menentukan kebutuhan Anda. Jika Anda merupakan pemain yang berada pada level pemula, sebaiknya menggunakan jenis low end akan mengakomodir kebutuhan Anda. Dengan PC low end ini Anda masih dapat memainkan jenis game 3D yang masih cukup menarik. Namun Anda harus memilih jenis PC high end jika telah sampai pada level permainan profesional untuk mengakomodir kebutuhan Anda.
Mengingat perkembangan game yang semakin cepat, hingga kehadiran teknologi hardware yang juga semakin pesat, pastikan Anda tidak salah membeli PC gaming. Saat membeli, Anda harus memastikan bahwa PC menyediakan spesifikasi terbaik yang dapat diupgrade atau diperbarui secara terus-menerus. Mengingat game-game baru terus bermunculan dan menuntut sebuah perangkat terbaru dan update. Dengan kemampuan upgrade atau diperbarui ini, Anda dapat selalu menambah performa PC menjadi lebih baik dan kompatibel untuk memainkan jenis game-game terbaru.

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List