Monday 30 April 2018

Bahaya Debu untuk Komputer | Tips Perawatan Komputer





5 hal penting mengapa komputer harus bersih dari debu

Debu adalah benda yang tidak terlihat tapi dapat menyebabkan suatu yang fatal pada peralatan elektronik. Dalam hal ini ialah komputer, karena melihat kenyataan bahwa masih banyak para pengguna komputer yang menempatkan komputernya pada sudut/tempat yang mudah terkena kotoran atau debu, terkecuali  mereka  yang bekerja kantoran biasanya komputer terawat dan pada tempat yang bersih dan berpendingin.
Dan inilah 5 hal penting mengapa sangat perlu memperhatikan hal yang sepele ini, bahkan hingga sedetail mungkin agar Debu tidak merusak komputer kita.
Mari kita bahas satu persatu.:
1.Debu dapat menjadi penyebab konsleting  listrik.                                            
Tidak hanya air yang dapat menyebabkan konsleting pada peralatan elektronik, tapi debupun juga bisa menjadi penyebab konsleting listrik, bagaimana bisa terjadi ?. Coba perhatikan gambar diatas ! Debu memiliki struktur atom yang kecil dan dapat menghantarkan listrik jika sedikit mungkin tidak nampak pengaruhnya tapi jika sudah numpuk seperti gambar diatas pastilah akan mengganggu dan merusak kinerja dan komponen/harware komputer.

2.Debu menyebabkan tekanan panas saat Booting.
Hal ini bisa terjadi karena menumpuknya debu pada hardware/komponen komputer menyebabkan kinerja komputer tidak maksimal, contohnya cooler /kipas pendingin prosesor. Banyaknya debu dapat menyebabkan CPU komputer cepat bertambah panas, sehingga dapat merusak komponen komputer.



3.Debu menjadi media tinggal serangga kecil
Komputer yang kotor dapat menjadi sarang serangga kecil seperti semut, atau serangga kecil lainnya. Serangga kecil dapat bersembunyi dibalik lubang komponen hardware, dan dapat menutupi jalan listrik. Bahkan dapat merusak jaringan kabel dalam komputer.

4.Debu mengurangi Performa dalam Kinerja Komputer
Mungkin sedikit yang menyadari kalau Komputer yang terawat kebesihannya dapat memberikan kinerja lebih baik dari pada Komputer yang usang dan  penuh debu. 

5.Debu menjadi penyebab komputer rusak /mati.
Jelas, debu sebagai salah satu penyumbang kerusakan komputer,jika pengguna komputer tidak memperhatikan hal ini. Jadi rajin rajinlah membersihkan komputer agar tidak mudah rusak.
                                                                                                                                 

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List