Sunday 29 April 2018

JERUK KEPROK DAN BUDIDAYANYA DI INDONESIA

JERUK KEPROK DAN BUDIDAYANYA DI INDONESIA
SUMBER GAMBAR : BALITBANGTAN



Ditulis tgl.29 april 2018.
Jeruk keprok ( citrus reticulata ). Bagi kita pecinta jeruk pasti sudah tidak asing lagi dengan buah segar satu ini, karena jeruk keprok mudah di jumpai di Mall, supermarket atau pasar buah tradisional bahkan terkadang bisa kita beli pada tukang buah keliling.
Dengan Rasa yang manis dan kandungan air jeruk keprok ini yang menyegarkan maka tidak salah kalau jeruk keprok sangat diminati masyarakat. Bahkan digadang-gadang mampu bersaing dengan buah sejenis Import.

Jeruk keprok merupakan sebuah jeruk yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Pohon jeruk ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan jeruk lainnya. Bunganya dapat diserbuki dengan bantuan lebah, penyerbukan sendiri, atau secara partenokarpi (khusus pada jeruk varietas satsuma yang tanpa biji).
Jeruk ini merupakan leluhur dari berbagai jenis spesies dan varietas jeruk di dunia.[2]
Citrus reticulata memiliki beberapa varietas diantaranya adalah satsuma atau mikan (Citrus unshiu), clementine, clemenule, atau nules (Citrus × clementina),[3][4] dan tangerine (Citrus tangerina)[5]
Di Indonesia, sentra produksi jeruk keprok dapat dijumpai di BatuJember, dan Banyuwangi di Jawa TimurGarut di Jawa BaratTimor Tengah Selatan di NTT, dan Bali.[6] ( sumber : wikipedia )

JERUK KEPROK DAN BUDIDAYANYA DI INDONESIA




Kandungan Gizi
Jeruk keprok
 
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 53
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 166 mg
Jumlah Karbohidrat 13 g
Serat pangan 1,8 g
Gula 11 g
Protein 0,8 g


Vitamin A
681 IU
Vitamin C
26,7 mg
Kalsium
37 mg
Zat besi
0,2 mg
Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0,1 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
12 mg




Buah jeruk Keprok memiliki kandungan Vitamin C 26,7 mg dengan kayanya kandungan vitamin C ini tentu tidak diragukan lagi efektivitasnya sebagai antioksidan. 
Secara umum, kandungan zat aktif yang terdapat di dalam sebiji jeruk keprok antara lain alkaloid, polifenol, flavanoida, pektin, coumarin, saponin, minyak atsiri, vitamin C, vitamin A, B1, B2, asam folat, mineral Fe atau zat besi, fosfor, kalium atau potassium, kalsium, gula sederhana, nobiletin, dan masih banyak lagi lainnya.
Dengan mengonsumsi jeruk keprok secara rutin, Anda akan secara tidak langsung telah mendapatkan pengobatan alami. Kandungan gizi di dalam buah Jeruk Keprok diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit kanker, memerangi infeksi firal, menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, mengusir rematik dan asam urat, menghalau penyakit jantung, mengobati demam, mencegah dan mengobati sariawan, menguatkan dan memberikan gizi pada paru-paru, memperbaiki limpa, membantu menghentikan batuk dan mengeluarkan dahak.
Bahkan Hasil penelitian Larasati dari Universitas Gadjah Mada pada 2008 lalu membuktikan bahwa kulit jeruk keprok dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Sederet khasiat jeruk keprok ini tentu menambah keistimewaannya.
Perhatian :
Untuk kalian yang mempunyai  asam urat dan rematik. Sebaiknya konsumsi buah ini dengan cara memisahkan daging jeruk keprok dengan bijinya kemudian masukkan kedalam juicer. Setela itu, minumlah 2 kali sehari.

Cara Budidaya Jeruk Keprok Agar Cepat Berbuah Dalam Waktu Yang Singkat

JERUK KEPROK DAN BUDIDAYANYA DI INDONESIA
  1. Syarat Tumbuh
    Jeruk keprok dapat ditanam pada daerah dataran tinggi maupun dataranb rendah. Lahan tanam yang akan digunakan untuk budidaya jeruk keprok haruslah mendapat sinar matahari secara penuh. Apabila lahan tanam berada apada lahan miring maka kemiringan lahan tidak boleh lebih dari 30 derajat. Jenis tanah yang baik untuk menanam budidaya jeruk keprok adalah tanah latosol atau tanah andosol dengan pH arau derajat keasaman tanah tidak lebih dari 6 serta memuliki drainase yang baik.
  2. Lahan yang akan ditanami jeruk keprok dipastikan memiliki tanah yang subur dan gembur. Lakukan pengolahan tanah pada lahan terlebih dahulu dengan melakukan penggemburan tanah dengan cara dicangkuli dsan diratakan lalu dicampur dengan pupuk kandang. Persiapan lahan ini dilakukan beberapa minggu sebelum penanaman anda mulai.
    Siapkan undukan tanah dengan ukuran sekitar p=1 m x l=1 m x t=1 m (panjang x lebar x tinggi) untuk setiap bibit yang akan ditanam. Beri jarak tanam sekitar 5 x 5 meter antara pohon satu dengan pohon lainnya agar sinar matahari dapat menyinari pohon dengan optimal sehingga pohon dapat tumbuh maksimal. Dengan ukurandiatas maka untuk setiap 1 hektar lahan dapat ditanami sekitar 400 pohon jeruk keprok.
  3. Persiapan Bibit Jeruk Keprok
    JERUK KEPROK DAN BUDIDAYANYA DI INDONESIABibit pohon jeruk keprok dapat dilakukan dengan menggunakan biji. Namun ada beberapa petani yang melakukan pembibitan dengan mengembangkan sistem stek atau cangkok untuk menanam jeruk keprok ini. Atau jika tidak ingin ribet, anda dapat membeli bibit siap tanam di toko tanaman. 
  4. Penanaman Jeruk Keprok
    Proses penanaman yang dilakukan pada jeruk keprok sama halnya dengan proses penamanam pada jeruk biasa, bergantung pada metode tanam yang digunakan. Penanaman jeruk ini dilakukan dengan cara menancapkan bibit pada undukan tanah yang telah siapkan sebelumnya.
  5. Pemupukan Tanaman Jeruk Keprok
    Tanaman jeruk keprok idealnya dipupuk minimal dua kali dalam setahun dan maksimal 4 kali dalam setahun tergantung kondisi dan cuaca yang adsa. Jenis pupuk yang digunakan yaitu pupuk kandang atau sintetis atau dapat juga dikombinasikan dengan jenis pupuk lainnya seperti pupuk urea, pupuk TSP dan pupuk ZK.
  6.  Pemangkasan
    Pemangkasan pada pohon dilakukan agar pohon memiliki bentuk dan cabang yang baik. Dengan pemangkasan otomatis dapat meningkatkan jumlah cabang yang berarti juga akan meningkatkan jumlah buah yang dihasilkan pohon. Pemangkasan juga dilakukan auntuk menghindari serangan hama dan penyakit. Pemangkasan ini juga dapat merangsang pertumbuhan daun yang lebih banyak.
  7.  Pemanenan Jeruk Keprok
    Tanaman jeruk keprok akan mulai berbuah setelah berumur 3 tahun setelah tanam. Buah tersebut akan dapat mulai dipanen setelah berumur sekitar 30 hingga 36 minggu.
JERUK KEPROK DAN BUDIDAYANYA DI INDONESIA

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Blog List